Jumat, 30 November 2012

Penyebab Umum Terjadinya Perang Dunia 2



Penyebab Umum Terjadinya Perang Dunia 2




a.     Kegagalan Liga Bangsa-Bangsa (LBB) dalam menciptakan perdamaian dunia. LBB bukan lagi alat untuk mencapai tujuan, tetapi menjadi alat politik negaranegara besar untuk mencari keuntungan. LBB tidak dapat berbuat apa-apa ketika negara-negara besar berbuat semaunya, misalnya pada tahun 1935 Italia melakukan serangan terhadap Ethiopia. Kegagalan lembaga ini disebabkan adanya kelemahan –kelemahan seperti yang disebutkan diatas , diantaranya tidak adanya aturan mengikat dan ketidak-berdayaan Liga Bangsa Bangsa menghadapi negara-negara besar.

b.   Negara – negara maju saling berlomba memperkuat militer dan persenjataannya.
Dengan kegagalan Liga Bangsa-Bangsa, dunia barat, Jerman dan Italia mencurigai komunis rusia, dan rusia mencurigai fasisme Jerman dan Italia. Karena saling mencurigai akhirnya Negara tersebut  memperkuat militer dan persekutuan
c.     Adanya politik aliansi (mencari kawan persekutuan). Kekhawatiran akan adanya perang besar, maka negara-negara mencari kawan dan munculah dua blok besar yakni:
1. Blok Fasis  terdiri atas Jerman, Italia, dan Jepang 
2. Blok Sekutu  terdiri atas:
1)      Blok demokrasi yaitu Perancis, Inggris, Amerika Serikat.
2)     Blok komunis yaitu Rusia,Polandia, Hongaria, Bulgaria, Yugoslavia,Rumania, dan Cekoslovakia.

d.    Adanya pertentangan-pertentangan akibat ekspansi.
Munculnya paham ultranasionalisme / paham nasionalisme yang berlebihan, yaitu Nazi – Jerman, Italia, dan Jepang. Paham inilah yang kemudian menjadi dasar lahirnya politik imprialisme.
1)      Jerman, dengan semboyan Jerman Raya (Lebensraum) yang melipuiti Eropa Tengah.
2)     Italia, dengan semboyan Italia Raya (Italia Iradenta) atau (Italia la Prima) yang meliputi seluruh laut Tengah dan Abbesinea.
3)     Jepang dengan Kemakmuran Bersam di Asia Timur Raya.   


e.     Adanya pertentangan faham demokrasi, fasisme dan  komunisme.
f.      Adanya politik balas dendam (“Revanche Idea”)  dari Jerman. Jerman yang terpukul dalam perang dunia I dengan perjanjian Versailles berusaha untuk bangkit. Hilter tidak mengakui  perjanjian Versailles, dan ingin balas dendam dengan perjanjian yang merugikan Jerman.
g.     Adanya politik ekspansi beberapa negara fasis (militer) seperti:
Lahirnya Negara-negara Fasis
Apa itu Fasis,Fasis / fasisme adalah Paham yg menganut Kepentingan negara di atas segala-galanya. Paham fasis ini di anut oleh 3 negara pada masa itu yaitu ; Jeman,Italia,jepang
1)      Fasis Di jerman
Fasisme di jerman kita,kenal dengan partai NAZI,yg dikembangkan oleh Adolf Hitler (1919) ,Untuk menjadi negara besar,maka dilaksanakan "Lebensraum".
2)     Fasis Di italia
fasis diitalia dikembangkan oleh Benito Mussolini ( 1922) ,dengan Melaksanakan Irredenta ( menyatukan Bangsa italia Yg belum merdeka ).
3)     Fasis di Jepang,dikembangkan oleh kaisar hirohito Dan jendral Hideki Tojo ( perdana menteri ) dengan semangat Hakko I Chu ( dunia sebagai satu keluarga ).


h.    Pertentangan antara paham liberalisme dan totaliterisme. Liberalisme memberikan kebebasan bagi warga negaranya sedangkan totaliterisme mengekang kebebasan warga negara.

 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar